Berikut Ini Cara Mengajarkan Buah Hati Anda Untuk Menabung Sejak Dini

Diposting pada


Besar kemungkinan, setiap orang akan dihadapkan oleh masalah keuangan di masa depannya. Sebagai orangtua, pastinya anda ingin anak bisa menghadapi masalah keuangannya dengan baik nantinya. Salah satunya adalah dengan menanamkan kebiasaan untuk menyimpan uang sejak dini, agar anak anda siap untuk mengelola  keuangannya sendiri karena sudah terbiasa diajarkan sejak dini. Selain itu juga, menabung merupakan kebiasaan yang positif yang perlu untuk diajarkan sejak anak-anak. Sehingga diharapkan anak-anak kita menjadi generasi maju, generasi yang lebih pintar dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, anda bisa ajarkan si kecil mulai “berinvestasi” kecil-kecilan dengan cara yang menarik melalui kegiatan sehari-hari. Berikut ini cara untuk mengajarkan buah hati anda untuk menabung sejak dini :

1. Mengenalkan Terlebih Dahulu Konsep Menabung

Sebelum mengajarkan cara untuk menabung, sebaiknya orangtua harus terlebih dahulu menjelaskan apa itu uang dan apa tujuan berhemat menyimpan uang. Langka pertama, anda bisa menjelaskan bahwa uang merupakan alat tukar dan alat pembayaran. Dan jelaskan pada si kecil bahwa apabila ia ingin membeli sesuatu, maka ia butuh lembaran kertas bernama uang untuk ditukar dengan barang yang ia mau. Oleh karena itu, anda bisa menjelaskan dengan cara yang sederhana. Jika anak sudah mengerti dengan konsep uang, barulah anda bisa mengenalkan konsep menabung. Katakanlah pada si kecil bahwa untuk bisa membeli apa yang ia mau misalnya es krim, maka uang tersebut harus ditabung terlebih dahulu sampai uang tersebut sudah cukup untuk membeli es krim. Selain itu, anda bisa menjelaskan bahwa menabung bisa membantu untuk mewujudkan apa keinginan anak.

2. Menabung Menggunakan Celengan

Biasanya anak kecil lebih suka sesuatu yang mempunyai bentuk menarik, sehingga anda bisa mencoba dengan menggunakan celengan yang mempunyai bentuk yang unik dan menarik untuk digunakan. Sehingga, anda bisa menggunakan celengan dengan bentuk lucu atau bisa dengan karakter mainan kesukaannya untuk menabung uang koin. Selain itu juga, gunakanlah celengan yang terbuat dari plastik tanpa harus ada kuncinya. Karena hal ini, bisa menghindari sang anak tergoda untuk mengambil tabungan sebelum uangnya terkumpul.

3. Jangan Langsung Memberikan Semua Keinginan Anak

Menabung harus dilakukan karena ada sebuah tujuan. Apabila anda tipikal orang tua yang selalu memberikan segala keinginan anak tanpa ia harus bersusah payah, ada baiknya hal tersebut perlahan mulai dikurangi. Sebaiknya anda harus membuat anak tersebut untuk bekerja keras, berusaha atau bahkan menunggu beberapa saat sampai keinginannya terpenuhi. Salah satu contohnya yaitu, apabila anak ingin membeli sebuah mainan. Sebaiknya, orang tua tidak langsung untuk memberikan begitu saja. Anda bisa memberikan anak sebuah tugas seperti mengumpulkan uang jajan dari uang sakunya dengan usaha membantu anda mencuci kendaraan, atau juga bisa membantu ibu berbelanja di pasar sembari diberi upah sesudahnya.

4. Jangan Lupa Untuk Mengajarkan Beramal

Menabung mempunyai tujuan bukan hanya untuk memuaskan diri anak untuk membeli mainan atau membeli makanan kesukaan si kecil, anda juga bisa mengajari pelajaran yang sangat penting untuk anak yaitu dengan beramal. Anda juga bisa menjelaskan, bahwa tabungan yang anak kumpulkan bisa menjadikan ia menolong atau membantu orang yang sedang membutuhkan. Selain itu juga, katakan pada anak bahwa beramal juga termasuk kegiatan yang wajib ia lakukan dan bisa dibiasakan sejak dini.

Itulah beberapa cara untuk mengajarkan buah hati anda untuk menabung sejak dini, semoga dapat bermanfaat.

Sumber : https://www.generasimaju.co.id/