Ingin traveling Rame-rame di Pulau Jawa? Ada baiknya lewat Tol Trans Jawa

Diposting pada


Peresmian tol trans jawa yang menghubungkan merak – pasuruan menjadi kabar baik di awal tahun 2018 sebab. Mega proyek yang digagas sejak 1996 untuk menghubungkan dua kota metropolitan, Jakarta dan Surabaya, akhirnya terwujud.

Kendati pemerintah masih belum puas. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan tol trans jawa berhasil menghubungkan merak hingga Banyuwangi.

Peresmian tol sepanjang 933 kilometer itu tentu menjadi kabar baik bagi para pelancong dan perantau di jawa. Bagaimana tidak, akses maupun biaya ke seluruh daerah di Pulau Jawa semakin mudah dan juga murah.

Bagi kamu yang hendak ingin berlibur, mudik lebaran atau natal dan hari hari libur tahun ini dan melintasi tol trans jawa begini keseruan yang bakalan dialami

Waktu tempuh yang lebih cepat

Bagi mereka yang tak sabar tiba di kampung halaman atau tempat liburan sambil melihat pemandangan alam sepanjang perjalanan, melintasi tol trans jawa sangat dianjurkan.

Bila menggunakan aplikasi Google Maps, jarak Jakarta-pasuruan via Pantura untuk jalur non-tol sekitar 826 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 19 jam.

Sementara, bila menggunakan jalur tol karak tempuhnya menjadi 850 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 13 jam. Artinya, tol trans jawa menghemat waktu perjalanan hingga enam jam. Bahkan menteri BUMN rini soemarno optimis bila tol trans jawa bisa ditempuh dalam waktu 10 jam, jika diasumsikan kecepatan kendaraan stabil 100 km/jam tanpa hambatan atau beristirahat.

Lebih Hemat Biaya perjalanan

Untuk sementara waktu, jelang hilir-mudik liburan Natal dan Tahun baru 2018 , masih ada beberapa tol fungsional yang bebas biaya alias gratis. Direktur operasi II PT Jasa Marga (persero) TBk Subakti Syukur menyebut, Ongkos tol Jakarta-Pasuruan sekitar Rp. 512 ribu untuk golongan I.

“kalau sampai merak, artinya merak-pasuruan, tarifnya jadi 575 ribu. Inti total tarifnya pada saat ruas baru, belum dikenakan tarif” katanya.

Bisa diprediksi, saat semua tol sudah diharuskan membayar, ongkosnya akan berkisar pada angka Rp. 600 ribu hingga Rp. 640 ribu.

Sedangkan, jika diasumsikan pengemudi menggunakan mobil Avanza yang mampu menempuh jarak 12 kilometer/liter, maka pengemudi membutuhkan 77,75 liter untuk rute Merak-Pasuruan.

Menikmati Keseruan Perjalanan

Bagi para pelancong, menikmati perjalanan dengan pemandangan alam sepanjang perjalanan adalah kenikmatan tersendiri. Satu hari, IDN times sempat menikmati perjalanan pada malam hari melalui jalur tol trans jawa yang begitu menakjubkan.

Cahaya bulan saat malam itu menerangi perjalanan kami. Persawahan yang membentang luas dan hijau semakin menambah syahdu perjalanan. Belum lagi perjalanan ditemani keluarga atau orang terdekat, rasa lelah nyaris tak terasa. Tapi tantangannya adalah rasa kantuk jika tidak diselingi dengan obrolan ataupun cemilan

Namun jika kamu ingin mencoba perjalanan pada siang harus juga tak kalah menarik. Justru menikmati pemandangan akan lebih terasa. Hanya saja, tantangannya terik matahari yang begitu menyegarkan. Tentu ada kelebihan dan juga kekurangan nya.

Tol trans jawa juga menguntungkan pengendara sepeda motor.

Selain pemilik kendaraan roda empat, hadirnya tol trans jawa juga memberikan keuntungan bagi pengemudi roda dua atau sepeda motor, karena pengendara roda empat lebih memilih jalan tol yang murah dan juga cepat bebas hambatan.

Kira-kira agenda liburan, mudik lebaran dan lainnya kamu kemana sih? Pasti kamu sudah merencanakan liburan juga kan.