10 Tips mengobati jerawat yang susah hilang

Diposting pada

Apakah Anda merasa telah mencoba hampir segala cara untuk menghilangkan jerawat, tetapi tetap saja msih ada? Jangan putus asa. Untuk melihat kulit yang lebih jelas, Anda mungkin hanya perlu melakukan beberapa perubahan. Tips berikut dari dokter kulit dapat membantu Anda memulai.

Baca juga jamu penghilang jerawat uuntuk informasi lebih lanjut.

Berikan perawatan jerawat setidaknya 4 minggu untuk bekerja.

Menggunakan produk jerawat baru setiap beberapa hari mungkin tampak bermanfaat, tetapi pendekatan itu dapat memperburuk jerawat. Perawatan jerawat membutuhkan waktu untuk bekerja.

Menggunakan produk yang berbeda setiap beberapa hari juga dapat mengiritasi kulit Anda, menyebabkan jerawat baru.

Jika perawatan berhasil untuk Anda, Anda akan melihat peningkatan dalam 4 hingga 6 minggu. Diperlukan waktu 2 hingga 3 bulan atau lebih untuk membersihkan.

Jika Anda melihat peningkatan, terus gunakan perawatan. Bahkan ketika Anda melihat pembersihan, Anda tetap ingin menggunakan perawatan jerawat. Ini membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

Mengobati berbagai penyebab jerawat.

Jika Anda tidak melihat peningkatan setelah 4 hingga 6 minggu, tambahkan produk jerawat kedua ke rencana perawatan Anda.

Pendekatan ini dapat membantu menyerang berbagai penyebab jerawat. Bakteri, pori-pori yang tersumbat, minyak, dan peradangan semuanya dapat menyebabkan jerawat.

Tentu saja, perawatan kedua harus menyerang penyebab jerawat yang berbeda. Misalnya, jika Anda menggunakan perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida, perawatan jerawat kedua harus mengandung bahan lain yang dapat mengatasi jerawat.

  • Untuk membantu Anda memilih produk lain, inilah bahan aktif yang berbeda fungsinya:
  • Benzoil peroksida menurunkan bakteri P. acnes
  • Retinoid, seperti gel adapalen, membuka pori-pori dan mengurangi sifat berminyak
  • Asam salisilat memudahkan peradangan dan membuka pori-pori

Anda dapat membeli perawatan jerawat yang mengandung salah satu dari bahan-bahan ini secara online atau di toko. Anda tidak perlu resep dokter.

Ikuti arahan.

Meskipun menggunakan perawatan jerawat bisa terlihat sangat mudah, berapa banyak yang Anda gunakan dan seberapa sering Anda menggunakannya dapat membuat perbedaan besar. Pastikan untuk mengikuti petunjuk.

Jika dokter kulit membuat rencana perawatan Anda, ikuti instruksi dokter Anda dan gunakan semua dokter kulit Anda yang termasuk dalam rencana perawatan.

Cuci wajah Anda dua kali sehari dan ketika Anda berkeringat.

Kulit berjerawat itu sensitif. Mencuci lebih dari dua kali sehari dapat mengiritasi kulit Anda, memperburuk jerawat.

Untuk hasil terbaik, dokter kulit merekomendasikan mencuci wajah Anda ketika bangun tidur, akan tidur, dan berkeringat.

Berhenti menggosok wajah dan kulit berjerawat lainnya.

Jika kulit Anda terasa berminyak, kotor, atau kotor, Anda mungkin tergoda untuk menggosoknya sampai bersih. Tidak! Menggosok dapat mengiritasi kulit yang rentan berjerawat, yang memperburuk jerawat.

  • Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak menyebabkan jerawat. Produk-produk ini diberi label. Pada paket, Anda dapat melihat salah satu dari berikut:
  • Tidak akan menyumbat pori-pori
  • Non-komedogenik
  • Non-acnegenic
  • Bebas minyak

Karena beberapa dari produk perawatan kulit ini mungkin masih menyebabkan jerawat pada beberapa orang, Anda mungkin perlu mencoba produk yang berbeda sebelum Anda menemukan yang tidak menyebabkan Anda berjerawat.

Tahan menyentuh dan memencet jerawat Anda.

Memunculkan jerawat mungkin tampak seperti cara tercepat untuk membersihkannya, tetapi memencetnya malah bisa memperburuk keadaan. Setiap kali Anda menyentuh, memetik, atau meletus, Anda dapat memperburuk jerawat.

Sebarkan obat jerawat pada semua kulit yang berjerawat, bukan hanya cacat Anda.

Menerapkan lapisan tipis pada kulit Anda yang berjerawat membantu merawat jerawat yang ada dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Cuci sarung bantal, topi, dan hal-hal lain yang menyentuh kulit Anda yang rentan berjerawat.

Sel-sel kulit mati, bakteri, dan kotoran akan menumpuk di permukaan ini, yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Mencuci apa yang menyentuh kulit Anda yang berjerawat dapat mencegah hal ini.

Mengganti seprai Anda setiap minggu dan sarung bantal Anda 2 atau 3 kali seminggu dapat membuat perbedaan.

Daftarkan bantuan dokter kulit.

Jika Anda masih memiliki jerawat setelah mencoba tips ini – atau Anda memiliki kista atau nodul jerawat (noda dalam yang meninggalkan bekas luka ketika sudah bersih) – dokter kulit dapat membantu.

Dengan perawatan jerawat hari ini dan keahlian dokter kulit, hampir setiap kasus jerawat dapat dibersihkan. Seorang dokter kulit dapat menyesuaikan rencana perawatan dengan kebutuhan unik Anda.