Mendesain Rumah

3 Hal Utama Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Rumah di Lahan Terbatas

Diposting pada


Sketsa rumah minimalis dijabodetabek.id – Terbatasnya lahan telah menjadi masalah umum yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ini sering dianggap sebagai penyebab tingginya harga real estat. Dengan kata lain, semakin sulit untuk mendesain rumah yang luas seperti yang Anda inginkan.

Namun, wilayah terbatas tidak selalu berarti buruk. Alasannya adalah bahwa banyak desainer, seperti arsitek dan desainer, telah berbagi metode untuk memaksimalkan lahan minimal. Langkah efektif dan efisien dengan elemen pendukung.

Misalnya, rumah minimalis yang menggunakan furnitur multifungsi untuk menghemat ruang. Untuk menghilangkan beberapa ruang non-fungsional atau untuk menggabungkan ruang serupa.

Namun pada dasarnya, mendesain rumah di lahan terbatas harus memiliki 3 prioritas utama yang sangat penting dan perlu di kawasan perumahan. Di antara mereka:

  1. kamar mandi

  2. Kamar mandi juga merupakan elemen penting yang diperlukan untuk tempat tinggal. Nah, jika rumah Anda berada di lahan terbatas, yang terbaik adalah menggabungkan kamar mandi dan toilet. Anda dapat menggunakan pembagi seperti penutup pancuran di sebelah wastafel dan toilet atau menggunakan layar kaca. Pilih mana yang paling nyaman dan yang Anda butuhkan.
    Untuk jumlah tersebut, setidaknya ada 1 kamar mandi. Namun, idealnya, rumah memiliki 2 hingga 3 kamar mandi. Fungsinya untuk membedakan kamar mandi khusus penghuninya, toilet tamu dan kamar mandi pembantu.
  3. kamar
    Keberadaan kamar di rumah merupakan kewajiban. Untuk lajang, setidaknya satu kamar dan keluarga harus memiliki setidaknya dua kamar. Untuk lahan terbatas, Anda tidak perlu membuat potongan besar. Minimum memiliki luas sekitar 3 x 3 meter hingga 4 x 4 meter. Dengan demikian, Anda bisa membuat beberapa kamar sesuai dengan kebutuhan keluarga.
    Jumlah kamar untuk keluarga idealnya lebih besar dari 2. Kamar ini digunakan untuk anak-anak, kakek-nenek yang tinggal atau tamu selama mereka menginap. Jika luas tanah sekitar 100 hingga 150 meter persegi, maka cukup buat 4 kamar tipe 2.
  4. dapur
    Bagian selanjutnya yang perlu diprioritaskan ketika mendesain rumah adalah dapur, tempat di mana sebagian besar kegiatan rumah berlangsung. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan desain dapur yang menarik dan ideal, meskipun tanahnya terbatas. Untuk menghemat ruang, Anda bisa menggabungkan dapur dengan ruang makan.
    Metode ini juga dapat membuat ruangan lebih luas. Jika Anda ingin menciptakan persatuan yang hangat dan bergerak di tanah terbatas, tidak ada yang menghalangi Anda untuk mendesain bersama dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Jika Anda membutuhkan pemisah, Anda dapat menggunakan isolasi bambu, lemari dan perabotan lainnya.

Setelah 3 prioritas di atas terpenuhi, Anda juga harus mempertimbangkan desain carport dan taman rumah. Keluarga modern setidaknya memiliki kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil. Ini tentu membutuhkan garasi untuk menyimpan dan melindungi.

Jika lahannya terbatas, Anda bisa menggunakan carport di rumah. Untuk membuat nada dingin, Anda dapat membuat taman kecil di depan rumah atau melebur ke tempat parkir. Tentukan desain pilihan Anda sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.
Untuk Anda sedang Mendekorasi Rumah kunjungi dijabodetabek.id untuk dapatkan ide lainya