5 Ramuan Tradisional Ampuh Mengobati Pegal Linu

Diposting pada

Siapa yang tidak pernah mengalami pegal linu pada badan terutama bagian sendi? Jika kamu termasuk ke dalam golongan usia dewasa, pasti kamu pernah mengalaminya.

Hal ini disebabkan karena tubuh kita mengalami keletihan atau bahkan makanan yang kita makan banyak mengandung lemak. Jika kamu merasa badanmu pegal-pegal, tentunya ini akan meghambatmu dalam bekerja. Oleh karena itu, pegal-pegal yang kamu alami harus kamu obati.

Banyak bermacam-macam obat untuk pegal linu, namun kita akan membahas obat tradisional alami yang sudah dipercaya dari zaman nenek moyang untuk mengobati pegal linu.

Daun sirsak

Tidak hanya mengobati penyakit kanker, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati pegal linu. Kandungan yang terdapat pada daun sirsak seperti acetogenin, annocatalin, annomuricin, dan asam linoleat dapat digunakan mengobati pegal linu.

Caranya, rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih. Rebus bersama dengan tiga gelas air hingga mendidih. Lalu, ambil air hasil dari rebusan daun sirsak. Minumlah dengan rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak dapat kamu rasakan untuk mengobati pegal linu.

Sereh

Sereh merupakan bumbu dapur yang biasa kita jumpai. Sereh biasanya digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada masakan. Namun, sereh juga bisa menjadi bahan dasar minyak aromaterapi untuk relaksasi karena mengandung berbagai vitamin an antioksidan yang cukup tinggi.

Untuk mengobati pegal linu, kamu bisa menggunakan air rebusan sereh yang masih hangat untuk mandi. Caranya, rebus dua batang sereh yang sudah dimemarkan lalu campur dengan empat liter air panas.

Kayu manis

Kayu manis dipercaya dapat menyembuhkan pegal-pegal pada badan. Selain pegal-pegal, kayu manis juga dapat menghiangkan bau kaki, lho.

Caranya, siapkan bubuk kayu manis secukupnya, perasan jeruk nipis, beberapa tetes minyak zaitun, dan air hangat. Campurkan semua bahan ke dalam baskom besar. Kemudian, rendam kaki dan bagian tubuh secara bergantian. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih.

Temulawak

Selain daun sirsak, sereh, dan kayu manis, ada temulawak yang bisa dibuat minuman untuk mengobati pegal linu dengan cepat.

Caranya, siapkan temulawak ukuran ibu jari lalu parut temulawak dan peras temulawak yang sudah diparut. Setelah itu, campurkan air perasan temulawak dengan madu, gula merah, dan kuning telur. Ramuan ini dapat mengobati pegal linu dengan cepat dengan diminum sehari sebanyak dua kali.

Jahe

Jahe selain mampu menghilangkan masuk angin, ternyata juga ampuh menyembuhkan pegal linu karena jahe memiliki kemampuan untuk meregangkan otot yang tegang dan kaku. Untuk mengonsumsinya, cukup rebus jahe yang sudah dimemarkan bersama dua gelas air hingga mendidih. Lalu, minumlah air jahe satu kali sehari.

Nah, itu dia kelima ramuan untuk mengatasi pegal linu. Bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang membuat ramuan tersebut, sekarang kamu tidak usah bersusah payah. Pada zaman yang serba canggih ini, ramuan alami sudah bisa dikonsumsi secara mudah dengan bentuk jamu pegal linu dan banyak dijumpai pada pasar lokal. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi selanjutnya silakan kunjungi jamu pegal linu.