5 Tips Mengobati Jerawat Anak 12 Tahun

Diposting pada

Hampir setiap remaja memiliki jerawat sampai tingkat tertentu, tetapi perawatan dini dapat membantu menjaga jerawat anak Anda seminimal mungkin. Pelajari tentang lima hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit anak remaja Anda tetap sehat dan cara menghilangkan jerawat ringan sebelum berkembang.

Waspadai Tanda Awal Jerawat

Jerawat remaja biasanya dimulai antara usia 10 hingga 13. Namun, banyak anak-anak menunjukkan tanda-tanda awal jerawat pada usia 8 tahun. Ini mungkin jauh lebih awal daripada yang Anda harapkan.

Perhatikan komedo kecil dan papila, terutama pada hidung tempat jerawat biasanya mulai muncul. Tujuannya adalah untuk mengungkap jerawat lebih awal sebelum mulai menyebar.

Mulai perawatan segera setelah komedo ringan muncul. Jangan terlalu lama menunggu untuk mengobatinya. Jerawat tersebut tidak akan membaik dengan sendirinya, perlu adanya perawatan untuk mengobatinya. Karena semakin cepat memulai perawatan, maka jerawat akan cepat hilang.

Ajari Remaja Anda Kebiasaan Perawatan Kulit yang Baik

Mulai sekitar usia 9, anak-anak harus mulai membersihkan wajah mereka setiap malam dengan pembersih lembut seperti Dove atau Neutrogena. Sering kali ini saja akan membantu memperbaiki penyumbatan pori-pori ringan. Pembersihan wajah setiap hari sangat penting untuk anak laki-laki, karena jerawat pada anak laki-laki akan lebih cepat berkembang.

Jika Anda mengetahui jerawat muncul, mintalah anak Anda menggunakan benzoil peroksida atau pembersih asam salisilat sekali atau dua kali sehari. Oleskan sedikit pelembab bebas minyak, bebas pewangi setelah setiap pembersihan.

Pilih produk yang sangat ringan. Kulit anak Anda sensitif, dan produk yang keras dapat mengiritasi kulit. Jangan mendorong penggosokan. Menggosok tidak akan menghilangkan jerawat tetapi dapat mengiritasi kulit.

Gunakan Krim Perawatan Jerawat Ringan

Krim benzoil peroksida (kekuatan 2,5 persen) adalah pilihan yang baik untuk remaja yang mengalami berjerawat merah atau meradang. Benzoil peroksida adalah krim perawatan jerawat yang sangat umum dan murah yang dapat ditemukan di apotek. Benzoil peroksida membunuh bakteri penyebab jerawat dan sangat berhasil dalam mengobati jerawat ringan.

Oleskan tipis-tipis krim benzoil peroksida di semua area yang terkena sekali atau dua kali sehari setelah pembersihan. Pantau wajah anak Anda untuk kemerahan, iritasi, atau kekeringan yang berlebihan. Jika itu terjadi, kurangi penggunaannya setiap hari.

Ajarkan Kebijakan Hands-off

Ajari anak Anda untuk tidak memetik atau “memencet” jerawat. Melakukan hal itu dapat memaksa bahan yang terinfeksi lebih dalam ke dalam kulit, membuat jerawat semakin membara.

Mengupas jerawat dapat menyebabkan jaringan parut, memperburuk peradangan, dan umumnya memperburuk jerawat. Ini juga dapat menyebabkan infeksi serius.

Mereka mungkin membutuhkan pengingat halus untuk mendorong mereka agar menjauhkan tangan dari wajah. Jelaskan bahwa munculnya jerawat dapat memperburuk jerawat, membuat jerawat terlihat lebih merah dan jelas, dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Temui Dokter Jika Diperlukan

Jika jerawat anak Anda tidak membaik dengan perawatan di rumah, atau jika anak Anda tampak kesal dengan kulitnya, langkah Anda selanjutnya adalah mengunjungi dokter kulit. Dokter kulit Anda dapat membantu membuat rencana perawatan yang akan membantu anak Anda. Sekali lagi, jangan menunggu untuk mencari pengobatan. Semakin cepat Anda mulai mengobati jerawat, semakin mudah untuk mengontrolnya.

Anak Anda mungkin enggan membicarakan masalah kulitnya, terutama jika ia merasa sadar akan jerawatnya. Cobalah untuk tidak mengomel tentang kulit anak Anda dan di atas segalanya, bersikap suportif. Maka anak remaja Anda akan berterimakasih dan mematuhi tips yang Anda berikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga jamu penghilang jerawat untuk informasi lebih lanjut.