alat kesehatan di ruang operasi

Macam Alat Kesehatan di Ruang Operasi

Diposting pada

Ruang operasi merupakan salah satu diantara berbagai ruang yang terdapat di rumah sakit dan klinik, khususnya yang sudah memiliki unit operasi bedah. Ruangan ini berfungsi untuk kegiatan operasi bedah baik skala kecil ataupun skala besar. Untuk itulah di dalam ruangan ini terdapat alat – alat kesehatan baik secara khusus ataupun secara umum. Berikut ini beberapa jenis alat – alat kesehatan yang terdapat di ruang operasi rumah sakit.

Alat Kesehatan di Ruang Operasi

1# – Meja Operasi

Salah satu alat kesehatan yang terdapat di dalam ruang operasi rumah sakit yaitu meja operasi. Meja ini memiliki desain yang khusus, tidak seperti meja – meja yang ada di rumah kita. Meja operasi sebenarnya terdapat banyak jenis, ada meja operasi gynecology, ada meja operasi elektrik dan manual serta ada juga meja operasi yang lain.

2# – Lampu Operasi

Alat kesehatan lainnya yang terdapat di dalam ruang operasi selain meja operasi yaitu lampu operasi. Lampu ini terletak tepat di bagian atas meja operasi. Fungsi lampu operasi yaitu sebagai alat penerangan ketika dokter sedang melakukan tindakan operasi terhadap pasien. Lampu ini biasanya terdiri dari dua jenis, halogen dan LED.

3# – Electrocauter (ESU)

Electrosurgical unit, atau sering disebut dengan istilah ESU adalah pisau elektronik yang digunakan untuk membuat sayatan atau untuk membedah jaringan kulit pasien yang akan dibedah. Pisau elektronik ini dioperasikan menggunakan tenaga listsrik tegangan tinggi sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

4# – Instrumen Bedah

Di dalam ruang operasi pasti terdapat alat – alat bedan seperti yang tadi kita sebutkan yaitu ESU. Namun tidak hanya yang bersifat elektrik. Pisau dan alat operasi lain yang bersifat manual juga terdapat di dalam ruangan ini. Contohnya seperti gunting, pinset, korentang dan lain sejenisnya.

5# – Mesin Anestesi

Di dalam ruang operasi terdapat satu mesin yang cukup besar. Mesin ini terdiri dari berbagai macam komponen . Nama mesin ini adalah mesin anestesi. Fungsi mesin tersebut adalah untuk memberikan obat bius dan menghilangkan kesadaran pasien saat menjalani opersi.

Nah itulah sekilas tentang beberapa macam alat – alat medis yang terdapat di dalam ruang Operasi rumah sakit. Sekian, semoga bermanfaat !