Cara Mempersiapkan Diri untuk IELTS Speaking
Cara Mempersiapkan Diri untuk IELTS Speaking

Cara Mempersiapkan Diri untuk IELTS Speaking

Diposting pada

IELTS Speaking – Ini mungkin tampak seperti poin yang jelas, tetapi ada banyak siswa yang mengikuti tes berbicara IELTS tanpa mengetahui apa yang diharapkan.

Tes berbicara dibagi menjadi tiga bagian dan berlangsung antara 11-14 menit total.

Bagian 1 berlangsung sekitar 4-5 menit dan Anda akan ditanya tentang diri Anda dan keluarga Anda. Penguji juga dapat bertanya tentang kota asal Anda, pekerjaan atau studi Anda, keluarga Anda atau hobi Anda. Bagian ini dirancang untuk membantu Anda rileks dan mulai berbicara secara alami tentang topik yang sudah dikenal.

Di bagian 2 Anda akan diberikan kartu dengan topik di atasnya. Kartu juga akan memiliki daftar poin yang harus Anda bicarakan. Anda diberikan satu menit untuk membaca kartu, membuat catatan, dan memikirkan apa yang akan Anda katakan. Anda kemudian harus berbicara antara 1-2 menit tentang topik itu. Pemeriksa tidak akan mengajukan pertanyaan atau membantu Anda dengan cara apa pun ketika Anda berbicara. Silakan periksa strategi kami untuk menjawab pertanyaan bagian 2, jika Anda memerlukan bantuan ekstra untuk ini.

Bagian 3 adalah bagian paling abstrak dari tes berbicara dan siswa sering merasa itu paling menantang. Pemeriksa akan mengajukan pertanyaan terkait topik yang Anda bicarakan di bagian 2 dan bagian ini berlangsung antara 4-5 menit. Pemeriksa dapat menguji kemampuan Anda untuk berbicara tentang masa lalu, sekarang atau masa depan, memberikan pendapat Anda, berbicara tentang situasi hipotetis, membandingkan dan membandingkan atau mengevaluasi pendapat orang lain.
Tahu Apa yang Penguji Ingin

Penting bagi Anda untuk memahami bagaimana ujian ditandai.

Ada empat kriteria penandaan:

kelancaran dan koherensi
sumber daya leksikal
rentang dan akurasi tata bahasa
pengucapan

Setiap kriteria dihitung menuju 25% dari nilai Anda dan Anda akan ditandai pada skala 9 band.

Kefasihan mengacu pada kemampuan Anda untuk berbicara dengan lancar tanpa penghentian yang tidak wajar.

Koherensi mengacu pada betapa mudahnya bagi penguji untuk memahami apa yang Anda maksudkan.

Sumber daya leksikal mengacu pada kemampuan Anda untuk menggunakan berbagai kosa kata baik secara tepat dan akurat.

Anda juga akan diberi tanda untuk tata bahasa Anda. Kalimat Anda harus bebas dari kesalahan dan Anda harus menggunakan berbagai struktur tata bahasa yang sesuai.

Akhirnya, Anda akan dinilai berdasarkan pengucapan. Pidato Anda harus jelas dan berisi berbagai fitur pelafalan, seperti intonasi, tekanan kalimat, dan suara lemah.
Buat Band Anda Saat Ini

Anda harus mencari tahu band apa yang Anda pakai saat ini dan kemudian Anda akan tahu seberapa banyak yang perlu Anda tingkatkan.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menemukan guru IELTS yang berpengalaman dan meminta mereka untuk memberi tahu Anda.

Ada juga beberapa guru daring yang dapat membantu Anda menentukan skor Anda dan membantu Anda mempersiapkan diri untuk ujian berbicara IELTS.

Jika Anda tidak dapat menemukan orang untuk membantu Anda melihat deskriptor band yang berbicara IELTS dan ini akan membantu Anda menemukan level Anda.
Tetapkan Target Anda dan Buat Timeline

Sekarang setelah Anda mengetahui jalur berbahasa IELTS Anda saat ini, Anda harus menetapkan target dan membuat garis waktu. Sangat penting untuk bersikap realistis pada tahap ini.

Biasanya membutuhkan waktu antara 200-300 jam belajar untuk naik setengah band IELTS. Karena itu, jika Anda belajar 20 jam seminggu, Anda akan memerlukan waktu antara 3-5 bulan untuk meningkatkan skor Anda setengah band.

Perlu dicatat bahwa setiap orang berbeda dan angka-angka di atas sangat umum. Beberapa orang dapat meningkat lebih cepat dan bagi yang lain dibutuhkan sedikit lebih lama. Juga, aturan 200-300 jam adalah untuk seseorang yang mencoba meningkatkan keempat keterampilan, jadi jika Anda hanya berusaha meningkatkan kemampuan berbicara Anda, Anda mungkin dapat melakukannya dalam periode waktu yang lebih singkat.
Buat Rencana Studi

Sekarang setelah Anda tahu berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan skor yang Anda butuhkan, Anda harus membuat rencana belajar dan menaatinya. Beberapa orang memutuskan untuk bergabung dengan sekolah IELTS dan hanya belajar ketika mereka ada di sana, tetapi jika Anda benar-benar ingin meningkatkan Anda harus juga berlatih di rumah.

Belajar dari kesalahanmu
Anda harus mencari tahu apa kesalahan atau kelemahan umum Anda dan kemudian Anda bisa fokus untuk memperbaikinya. Beberapa orang adalah penutur yang sangat fasih, tetapi membuat banyak kesalahan tata bahasa, beberapa orang sangat mahir dalam tata bahasa, tetapi berbicara dengan kecepatan lambat yang tidak wajar dan yang lain sulit untuk dipahami karena mereka membutuhkan bantuan dengan pengucapan mereka.

Temukan guru IELTS yang baik di daerah Anda atau daring dan minta mereka memberi tahu Anda kelemahan Anda.

Jika Anda memiliki teman yang penutur asli atau mahir berbahasa Inggris, mereka juga dapat membantu Anda dalam hal ini.

Akhirnya, Anda harus merekam diri sendiri dan ini akan membantu Anda mengetahui kelemahan Anda dan membantu Anda memperbaikinya.
Bersiaplah untuk Tes Berbicara IELTS dengan Mendengarkan dan Membaca

Agar berhasil dalam ujian berbicara, Anda perlu meningkatkan tingkat bahasa Inggris Anda secara keseluruhan. Seperti yang dinyatakan di atas, Anda akan ditandai dengan tata bahasa dan kosakata Anda, jadi meningkatkan ini sangat penting. Mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris akan sangat membantu Anda meningkatkan keterampilan ini.