Cara Mudah dan Aman Membersihkan Telinga si Kecil

Diposting pada

Rutin membersihkan telinga si Kecil memang sangat dibutuhkan karena dapat membuat si kecil terhindar dari beberapa penyakit infeksi di telinga. Selain itu hal ini juga akan membuat si kecil merasa lebih aman dan juga nyaman.

Namun telinga juga termasuk area yang sangat sensitif, terutama bagi si kecil sehingga anda harus sangat berhati – hati pada saat membersihkan kotoran telinga bayi anda.

Kotoran telinga sendiri biasanya menumpuk sehingga membuatnya mengering, hal ini bisa mengakibatkan telinga menjadi gatal hingga menyebabkan masalah pendengaran pada telinga.

Maka dari itu sebaiknya jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga si kecil, karena telinga tidak boleh dimasuki oleh benda asing, sekalipun cotton bud yang bisa membahayakan gendang telinga bayi anda dan membuat kotoran si kecil terdorong ke dalam bagian bagian telinga paling dalam.

Hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah, jangan pernah mengorek telinga si kecil dengan menggunakan jari karena akan membuat telinga si kecil terluka dan infeksi.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga si kecil dengan aman? Berikut ini adalah caranya :

  1. Langkah pertama adalah dengan membasahi waslap dengan menggunakan air hangat, pastikan jangan terlalu panas airnya ya.
  2. Lalu peras waslap sehingga tidak ada air lagi yang menetes ke dalam telinga si kecil ya.
  3. Gosok telinga si kecil dengan gerakan yang sangat lembut di sekitar telinga luar untuk mengambil kotoran yang sudah mengering dan menunpuk.

Untuk membersihkan kotoran telinga yang telah menumpuk pada telinga si kecil, sebenarnya anda bisa menggunakan obat tetes yang dapat dibeli di apotek terdekat, namun karena telinga si kecil masih sangat sensitif ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli obat tetes dan menggunakannya untuk membersihkan telinga si kecil yang kotor, anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis THT sehingga dapat memberikan anda saran terbaik untuk menggunakan obat tetes telinga yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Nah, meski ingin membersihkan telinga si kecil anda tetap harus berhati – hati ya, agar tidak berakibat fatal pada kesehatan telinga si kecil kesayangan anda.