Cara Termudah Untuk Mengerakkan Tubuh

Diposting pada

Kita sering mendengar tentang gaya hidup sehat: tidak merokok, berat badan ideal, makan makanan sehat, dan rajin berolahraga. Sederhana, bukan? Ya, membiasakan hidup sehat sebenarnya memang mudah. Cukup dengan membuat beberapa perubahan kecil, Anda dapat mulai hidup yang lebih sehat.

Manfaat
Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin melakukan latihan ringan:

  • Mengurangi resiko jantung, stroke, dan diabetes.
  • Meningkatkan stabilitas sendi
  • Membantu mempertahankan fleksibilitas tubuh
  • Memelihara massa tulang
  • Mencegah osteoporosis dan patah tulang
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan memori pada orang yang telah berusia lanjut
  • Mengurangi stress

Sebuah studi telah menemukan bahwa menurunkan berat badan sebesar 10% mampu trulum membantu penderita obesitas menurunkan tekanan darah, kolesterol dan menambah umur.

Gerakan Tubuh Anda
Anda dapat melakukan program penurunan berat badan sekarang dengan melakukan hal-hal ringan. Lupakan obat atau alat berat untuk berlatih, cukup dengan menambah beberapa kebiasaan sederhana dalam keseharian Anda. Walau terlihat sangat sederhana, jika kegiatan dilakukan dengan rutin, Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Matikan TV

Satu kali dalam seminggu, matikanlah TV Anda dan cobalah melakukan aktivitas lain yang lebih melibatkan fisik seperti berolahraga, atau bermain bersama keluarga. Kegiatan-kegiatan tersebut akan lebih bermanfaat dan mampu membakar kalori daripada hanya duduk di sofa.

Berjalan-jalan

Cari kesempatan yang baik untuk berjalan kaki. Pagi hari sebelum berangkat ke kantor misalnya, atau sore hari sambil mengajak anjing kesayangan Anda berjalan-jalan.

Lakukan pekerjaan rumah

Berkebun, menyapu halaman atau menyapu lantai adalah beberapa di antaranya. Kegiatan seperti ini mungkin tidak tergolong sebagai sebuah latihan, tetapi dengan melakukannya, badan Anda akan lebih aktif ‘bergerak’. Manfaat lainnya? Rumah menjadi lebih bersih dan cantik!

Makan dengan Baik
Memakan makanan yang sehat adalah bagian dari gaya hidup sehat. Hal ini dapat mendukung diet sehat dengan cara mengatur pola makan dengan waktu yang tepat dan asupan gizi yang seimbang. Anda dapat menggunakan Piramida Makanan versi baru untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi atau secara sederhana mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Makan lebih banyak buah. Tambahkan ke dalam sereal saat sarapan, salad, atau bahkan saat makan malam.
  2. Camil lebih banyak sayuran. Senang ngemil? Cobalah selipkan lebih banyak sayuran dalam menu camilan Anda seperti paprika pada pizza,  tomat pada sandwich, atau sayuran tambahan dalam saus pasta. Jauhkan sayur kalengan karena tidak segar dan malah tidak membuat hidup menjadi sehat. Pilih sayuran yang segar.
  3. Buat beberapa pengganti. Bukalah lemari atau kulkas tempat Anda biasa menyimpan makanan. Pilih tiga jenis makanan yang paling sering Anda konsumsi. Tuliskan kandungan gizi untuk setiap makanan. Langkah selanjutnya, pilih makanan sejenis, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.

Menciptakan gaya hidup sehat tidak selalu harus melakukan perubahan drastis. Seringkali, perubahan drastis justru menyebabkan kegagalan. Mulailah dengan perubahan kecil setiap hari dalam hidup Anda untuk memperoleh manfaat besar dan terus cari tahu hal-hal yang bisa membuat hidup selalu sehat.