Contoh Teks Eksplanasi

Diposting pada

Kita semua tahu bahwa teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi. Baik itu alam, sosial, budaya, ilmiah dan sebagainya. Karena kita telah membahas secara khusus dalam artikel sebelumnya, kali ini kami hanya berfokus pada contoh teks penjelasan budaya dan strukturnya.

Karena setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita selalu mempunyai setruktur sebab akibat dan proses .

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya

Judul : Perubahan Budaya

Deklarasi umum
Dilansir dari https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/ Budaya tidak selalu identik dengan hal-hal tradisional, seperti pakaian, bahasa, seni, makanan khusus dan lain-lain.

Namun seringkali ketika kita mendengar kata “budaya”, yang muncul di benak kita adalah simbol budaya suatu daerah atau negara, seperti pakaian, bahasa, makanan, bentuk konstruksi, kostum, tarian, musik dan sebagainya.

Bagian Penjelasan
Budaya adalah gaya hidup yang berkembang, dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diturunkan dari generasi ke generasi.

Oleh karena itu dari satu daerah ke daerah lain memiliki budaya yang berbeda. Selain itu, masa lalu dan masa kini juga mempengaruhi budaya yang ada di suatu daerah.

Ketika dikelompokkan bersama, produk budaya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu keyakinan, pengetahuan dan estetika.

Ketiga hal ini saling memengaruhi dan hasilnya seperti hukum, bahasa, adat istiadat, teknologi, pakaian, makanan, perumahan, dan lainnya.

Mengapa budaya selalu berkembang dan berubah seiring waktu? karena itu disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti:

  • Manusia saling berhubungan secara langsung atau tidak langsung antar wilayah. Saat ini perkembangan teknologi membuat pengaruh dari satu budaya lebih mudah dengan yang lain.
  • Manusia selalu berkembang, yang menghasilkan perubahan dalam cara hidup, dalam kebutuhan hidup dan sebagainya sehingga memberi efek pada perubahan budaya.
  • Perubahan lingkungan agak ekstrim.

Oleh karena itu tidak mungkin bahwa perubahan budaya tidak terjadi dan wacana tentang konservasi budaya hanya akan mengambil bentuk wacana simbolik. Karena bahkan manusia tentu saja tidak dapat hidup menggunakan gaya hidup lama.

Bagian penutup
Sehingga perubahan budaya tidak selalu berarti buruk, bahkan jika itu selalu sial karena beberapa hal dari budaya lama punah atau hilang.

Sungguh ironis bahwa di satu sisi hilangnya budaya lama sangat disayangkan, tetapi di sisi lain manusia tidak mampu berada di satu titik.

Contoh teks penjelasan budaya: penyebab pembusukan budaya Indonesia

Deklarasi umum
Budaya di Indonesia secara bertahap memudar karena kurangnya kesadaran publik, kurangnya pembelajaran budaya dan kurangnya komunikasi budaya. Ini telah jatuh secara dramatis karena kebanyakan dari kita memilih budaya asing yang lebih praktis dan sejalan dengan perkembangan zaman.

Kami menganggap bahwa budaya asing lebih praktis dan menarik. Meskipun itu tidak selalu benar. Meskipun banyak budaya asing dianggap menarik tetapi tidak sesuai dengan identitas dan budaya bangsa kita, Indonesia.

Bagian Penjelasan
Hasilnya adalah budaya kita tidak disembuhkan dan perlahan-lahan dihilangkan atau diklaim oleh negara lain.

Karena alasan ini, kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman budaya yang diadopsi. Kurangnya komunikasi juga dapat menciptakan perselisihan antar suku yang berdampak pada persatuan dan integritas.

Tidak kalah pentingnya, kita juga harus memperhatikan komunikasi antara komunitas dengan memperkenalkan budaya bersama dan generasi penerus bangsa dengan tujuan menjaga budaya kita tetap hidup.

kesimpulan
Kurangnya pembelajaran budaya, dengan hilangnya budaya kita secara bertahap. Karena itu, lebih baik mempelajari budaya sejak usia dini, karena sekarang sudah ada mata pelajaran di sekolah yang membahas masalah budaya. Namun sayangnya, banyak yang tidak menganggap penting untuk mempelajari materi tentang budaya.

Namun melalui pelajaran budaya, kita dapat membangun budaya bangsa dan mampu mempertahankan budaya lokal di era globalisasi ini. Karena pada kenyataannya budaya Indonesia dapat dipertahankan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengajarkan anak tentang budaya kita tentang budaya.

rumusrumus.com berharap bahwa contoh teks penjelasan budaya yang disebutkan di atas juga akan membuat kita sadar akan pentingnya melestarikan budaya bangsa kita sehingga tidak tertelan oleh waktu.