Daur hidup nyamuk

Diposting pada

Daur hidup nyamuk Terlengkap, Cara Berkembang, Wabah penyakit, dan Gambarnya

Sumber : ekosistem.co.id

Saat ini ada 2.700 spesies nyamuk di dunia. Ini adalah salah satu serangga dari kerajaan Animalia, arthropoda, milik kelas serangga dan memiliki volume di atas piring dan permata padat. Nyamuk memiliki bentuk panjang dengan sayap terkelupas, kaki panjang dan moncong panjang. dimensinya umumnya tidak 15 cm. nyamuk diambil dari Spanyol, yang berarti lalat kecil, karena hampir seperti lalat.

Mengapa mulut nyamuk betina panjang dan tajam? nyamuk bertahan hidup dengan mengisap darah manusia dan hewan untuk mengisi nutrisi ketika nyamuk betina siap untuk bereproduksi. Nyamuk juga menyerap protein dan jus buah dan sayuran. Karena itu, nyamuk betina memiliki mulut yang panjang dan tajam. Tidak seperti larva nyamuk yang memangsa nyamuk jantan, anatomi mulut nyamuk jantan sangat luas.

Faktanya, nyamuk tidak hanya memakan darah tetapi juga jus buah dan sayuran, tetapi tidak mengandung protein. Nah, karena kebutuhan protein ini, nyamuk Anda menghisap darah. Selain itu, nyamuk mengisap darah dan memberi makan ketika mereka siap untuk hamil.

Perkembangan nyamuk adalah sebagai berikut:

A. Telur nyamuk

Tidak seperti telur kupu-kupu, yang ditempatkan di bawah helai daun, telur nyamuk ditempatkan di dalam air. Telur nyamuk rusak dan mati jika keluar dari air atau di lingkungan yang lembab. Namun, setiap spesies nyamuk memiliki proses bertelur yang berbeda, misalnya nyamuk Culex bertelur dan beriak karena telur spesies inang ini dapat mengapung di air.

Tetapi untuk jenis anopheles ini, nyamuk bertelur satu demi satu, bukan berkelompok. Tempat bertelurnya bisa berupa kolam, rawa, atau tempat lembab lainnya. Jika kolam kering, nyamuk ibu Anda akan menggunakan perut bagian bawah sebagai reseptor untuk menemukan tempat yang paling basah, biasanya pada tanaman basah. Dalam telur, nyamuk dapat melepaskan sekitar 300 telur nyamuk. Telur nyamuk yang sangat kecil kurang dari 1 mm dan karenanya umumnya tidak terlihat oleh manusia. Nyamuk kemudian menetaskan dan menetas pada 1 atau 2 hari ke depan

B. Larva nyamuk

Ketika telur nyamuk menetas, mereka menjadi larva nyamuk yang hidup di air. Larva nyamuk ini direntangkan seperti benang hitam. Larva nyamuk, berumur antara 8 dan 10 hari, juga dipengaruhi oleh suhu, udara, suhu dan jumlah predator di dalam air tempat larva hidup. Larva nyamuk bernapas di ujung ekor. Larva nyamuk memakan berbagai organisme di dalam air, meskipun ada beberapa jenis nyamuk yang memangsa larva nyamuk lainnya.

C. Bean

Spesies nyamuk juga memiliki tahap kacang atau kepompong dan kupu-kupu. Nyamuk pupa tetap berada di dalam air, fase ini membutuhkan 1-2 hari suhu, udara, suhu dan predasi di dalam air tempat larva hidup. Tahap ini adalah tahap terakhir dari nyamuk di dalam air, mereka bernapas menggunakan tanduk di dada mereka. Begitu sayap terbentuk, potongan nyamuk keluar dari air dan mulai mencoba terbang. Nyamuk belajar terbang dengan cepat, sehingga nyamuk dapat dikenali berdasarkan gender, baik itu perempuan atau laki-laki. Ketika nyamuk keluar dari keseluruhannya, ia harus mencoba belajar terbang tanpa menyentuh air, yang berarti hanya kakinya yang bisa menyentuh air.

D. Nyamuk

Nyamuk adalah fase dewasa atau fase terakhir dari siklus hidupnya. Dalam 1-2 hari menjadi nyamuk lengkap, nyamuk dapat mempersiapkan diri untuk reproduksi pertamanya. Siklus hidup nyamuk sangat cepat, yang menyebabkan sejumlah besar nyamuk.

Cara menanam nyamuk |

Nyamuk betina bertelur di tempat yang berbeda tergantung jenis nyamuk itu sendiri. Ada beberapa spesies nyamuk yang menyukai tempat teduh dan air, tetapi ada juga yang suka tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Beberapa nyamuk yang bertelur di air payau juga ada di air tawar, ada nyamuk yang lebih suka hidup di air kotor, tetapi ada juga lebih banyak orang yang lebih memilih air murni. Karena jenis dan habitat yang berbeda, metode yang berbeda untuk memberantas sarang nyamuk juga diperlukan.

Tulah yang ditularkan oleh serangga

Hewan yang memainkan peran sangat penting dalam pembawa penyakit manusia adalah nyamuk. Ada beberapa jenis nyamuk yang menyebabkan demam berdarah, seperti jenis Aedes. Demam berdarah sering menjadi peristiwa luar biasa (KLB) di berbagai daerah di Indonesia. Nyamuk demam berdarah memasukkan beberapa jenis bakteri ke dalam darah manusia ketika nyamuk menghisap darah. Jika demam berdarah tidak segera diobati, itu bisa berakibat fatal. Selain demam berdarah, nyamuk juga bisa menyebabkan malaria. Spesies nyamuk Anopheles adalah pembawa malaria ini.

Beberapa daerah yang masih memiliki wabah penyakit ini, seperti Nusa Tenggara, Papua, Buton, Endeh dan pulau-pulau Indonesia timur lainnya. Selain dua nyamuk yang ada, ada nyamuk yang menyebabkan kaki gajah. Penyakit kaki gading sangat berbahaya dan bahkan bisa berakibat fatal. Nyamuk sangat berbahaya dan saat ini mereka menjadi musuh di rumah.

Nyamuk menggigit gatal karena serangga selalu memangsa target. Ini karena nyamuk menggunakan sensor untuk panas tubuh, bau dan gerakan, jadi mencari mangsa itu mudah. Setelah nyamuk ditangkap, gunakan jarum moncong langsung pada area tertentu dari kulit dan kemudian gunakan pisau di mulut untuk merobek kulit bolak-balik sampai menemukan pembuluh darah.

Dengan menyerap darah, nyamuk melepaskan antikoagulan, yang bertindak dengan mencegah darah membeku. Setelah lulus, air liur tetap berada dalam darah dan menjadi asing bagi kulit, menyebabkan gatal.