Keanekaragaman Rayap

Diposting pada

Rayap merupakan bagian dari kekayaan sumberdaya hayati yang sangat penting di dalam daur ulang nutrisi tanaman melalui proses desintegrasi dan dekomposisi bahan organik. Namun, rayap seringkali juga merusak kayu konstruksi bangunan dan bahan berselulosa lainnya di dalam bangunan gedung atau menyerang pohon dan tanaman hidup sehingga menjadi hama yang potensial, terutama di areal perkebunan kelapa sawit, karet, dan tanaman hutan industri seperti pinus dan karet. Serangan rayap pada bangunan gedung atau rumah merupakan masalah yang sangat besar mengingat intensitas serangannya yang makin tinggi dan meluas sehingga nilai kerugian akibat serangan rayap cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh professional selama ini menunjukkan bahwa sebenarnya hanya beberapa jenis rayap yang mampu menyebabkan kerusakan yang berarti pada bangunan gedung, terutama rayap dari genus Coptotermes. Rayap Coptotermes merupakan kelompok rayap tanah (subterranean termite) yang bersarang di dalam tanah. Namun, berbeda dengan rayap tanah lainnya, serangga ini mampu membentuk sarang-sarang antara yang berada jauh dari permukaan tanah. Oleh karena itu, serangannya dapat mencapai bagian-bagian yang tinggi pada bangunan-bangunan bertingkat.

Dilihat dari potensi biologi dan ekologi daerah tropis dapat dipastikan bahwa keanekaragaman jenis Coptotermes di Indonesia jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan keanekaragamannya di negara-negara lain. Namun, hingga saat ini keanekaragaman jenis serangga ini belum secara lengkap diketahui, termasuk di Pulau Jawa yang telah memperlihatkan berbagai kerugian ekonomi akibat serangga ini. Hal ini antara lain disebabkan oleh kemiripan karakter morfologi antarjenis dalam satu genus yang sangat tinggi, sehingga menimbulkan kesulitan dalam identifikasi. Oleh karena itu, tumpuan identifikasi yang tepat untuk membedakan jenis-jenis serangga ini terletak pada penentuan karakter genotipenya. Analisis genotipe dapat dengan tepat membedakan satu jenis rayap dengan jenis rayap lainnya melalui perbedaan karakteristik genotipenya.

Oleh Karena itu keberadaan rayap sangat mengganggu bagi lingkungan, anda bisa mencari informasi diinternet maupun media online bagaimana cara mengatasi rayap tersebut. Apabila terasa sulit untuk dikerjakan sendiri maka anda bisa menggunakan jasa anti rayap Jakarta, ataupun yang ada di daerah anda sendiri.