Pawet Wisata Budaya Jogja

Keraton-Keraton Di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Kota Surakarta atau biasa di sebut Solo adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang memiliki sejarah yang panjang. Kota ini berada di utara Jogja sekitar 2 jam perjalanan mengunakan kendaraan pribadi. Sama seperti Yogyakarta, Surakarta juga pernah menjadi sebuah daerah istimewa walau pada akhirnya keistimewaan tersebut dicabut. Walau pada akhirnya bergabung dengan Provinsi Jawa Tengah, keraton-keraton yang ada di Kota Solo masih ada hingga sekarang dan tetap menjadi simbol dan bagian yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya. Di kota ini tedapat 2 buah keraton yaitu Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran. 

Bagi masyarakat umum tentu sudah tidak asing lagi dengan Keraton Surakarya. Keraton ini merupakan salah satu pusat budaya Jawa bersama-sama dengan Keraton Yogyakarta. Masyarakat Solo dan sekitarnya masih menghormati keraton tersebut walau pengaruh Keraton Surakarta tidak sebesar dulu lagi sejak berdiri sejak abad ke 17. Sedangkan Pura Mangkunegaran yang merupakan pecahan Keraton Surakarta masih banyak yang belum mengenalnya walau juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Solo. Berikut penjelasan singkat dari kami untuk mengenal lebih jauh kedua keraton tersebut:

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram Islam yang terbagi dua akibat Perjanjian Giyanti Pada 1755. Perjanjian ini memecah Kesultanan Mataram Islam menjadi Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Keraton yang berlokasi dekat Sungai Bengawan Solo ini masih berdiri hingga sekarang sejak didirikan Oleh Sultan Pakubuwono II. Komplek keraton juga masih menjadi tempat tinggal raja beserta keluarganya. Setiap tahunnya Keraton Surakarta juga rutin mengadakan tradisi kerajaan untuk mempertahankan tradisi para lelulur. Saat ini Keraton Surakarta dipimpin oleh Sultan Pakubuwono XIII.

Sama seperti keraton-keraton lainnya, keraton ini juga di buka untuk umum untuk sebagian kawasannya. Sebagian ruanganya difungsikan sebagai museum sehingga wisatawan dapat masuk dan melihat berbagai macam koleksi yang ada di keraton ini. Lokasinya juga berdekatan dengan Pasar Klewer sehingga banyak wisatawan yang singah ke pasar ini yang menjadi pusat perekonomian Kota Solo.

2. Pura Mangkunegaran

Keraton selanjutnya di Solo adalah Pura Mangkunegaran. Keraton ini didirikan oleh Raden Mas Said yang kemudian mendapat gelar Mangkunegaran I. Pura Mangkunegaran merupakan pecahan dari Keraton Surakarta yang memisahkan diri karena masalah suksesi. Walau keraton ini tidak sebesar saudara tuanya tapi banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan perpaduan arsitektur gaya Jawa Kuno dan juga Eropa. Selain itu pengunjung juga bisa melihat berbagai macam benda peninggalan dari keraton ini yang disusun secara rapi dan menarik.

Demikian penjelasan singkat mengenai keraton yang berdiri di Solo yang wajib dikunjungi jika berlibur di Solo. Jika ingin datang kedua keraton tersebut bisa menghubungi PO sewa bus wisata di Jogja yang akan mengantarkan wisatawan ke lokasi keraton tersebut. Selain menikmati paketwisata budaya Jogja tidak ada salahnya jika wisatawan juga mengunjungi Kota Solo.