Kolaborasi Kedua G-Shock dan Gorillaz Diumumkan

Diposting pada

Perusahaan yang menaungi jam tangan casio, yaitu Casio Computer Co., Ltd. Baru baru ini mengumumkan kolaborasi kedua mereka dengan band virtual asal Inggris, Gorillaz. Pengumuman ini disampaikan pada 17 September 2019 lalu di Tokyo. Ini merupakan kolaborasi kedua antara G-Shock dengan Gorillaz. Kolaborasi antara keduanya pertama kali pada September tahun lalu sebagai rangkaian perayaan ulang tahun G-Shock ke 35 pada 2018 lalu.

Gorillaz merupakan salah satu band virtual asal London, Inggris. Band ini dibentuk oleh musisi Damon Albarn dan dibantu dengan Jamie Hewlett pada tahun 1998. Anggota Gorillaz terdiri dari empat orang karakter animasi yaitu: 2-D, Murdoc Niccals, Russel Hobbs, dan Noodle. Genre yang mereka bawakan serta karakter animasi yang unik membuat mereka cukup terkenal di kalangan anak muda. Gorillaz juga mendapatkan penghargaan dari Guiness World Record sebagai Pertunjukan Virtual tersukses di dunia.

Albarn dan Hewlett yang merupakan dua penggagas terciptanya Gorillaz merupakan penggemar G-Shock. Keduanya sangat menggemari jam tangan casio G-Shock sampai mereka memasukkan nama casio pada penggalan lirik pada lagu mereka yang berjudul “Plastic Beach”. Plastic Beach sendiri merupakan lagu yang membahas tentang isu lingkungan. ‘It’s Casio on a plastic beach. It’s electric, digital, like the watch Casio uses to make’.

Tahun lalu, kolaborasi keduanya mengangkat tema gaya klasik yang sesungguhnya untuk anak muda di seluruh dunia. Kolaborasi pertama tahun lalu memfokuskan pada model klasik dan original dari Casio G-Shock yaitu DW-5600. G-Shock DW-5600 merupakan produk pertama dari Casio G-Shock yang dirilis pada 1983 oleh teknisi dan penemu G-Shock, Kikuo Ibe. Sejak pertama kali muncul di pasaran, G-Shock DW-5600 menjadi salah satu produk yang menjadi favorit penggemar G-Shock hingga saat ini.

Jam tangan Casio G-Shock x Gorillaz pada kolaborasi pertama tahun lalu cukup sukses di pasaran. Menurut laporan pihak Casio, produk kolaborasi tersebut berhasil sold-out di pasaran. Hal tersebut membuat G-Shock dan Gorillaz mencoba untuk kembali berkolaborasi untuk kedua kalinya tahun ini dengan berharap mengulang kesuksesan mereka pada tahun lalu.

Konsep yang diusung untuk kolaborasi kedua Casio G-Shock dengan Gorillaz pada tahun ini adalah Gorillaz itu sendiri. G-Shock Casio mengumumkan dua model terbaru tersebut adalah GW-B5600BZ dan GA-2000GZ. Sesuai dengan konsep kolaborasi keduanya yaitu Gorillaz, desain keduanya menggunakan motif dan pewarnaan yang mengambil inspirasi dari dua cover album Gorillaz yang berhasil memenangkan Grammy dan BRIT Award, “Gorillaz” dan “Now Now”.

GW-B5600BZ adalah seri pengembangan dari produk ikonik G-Shock DW-5600. Model dan warnanya menggunakan konsep dari album “Now Now”. Desainnya menggunakan kombinasi warna biru dan pink dengan menggunakan dwi-warna untuk pesan “NOW” yang akan muncul di layar apabila terkena lampu latar. Model GW-B5600BZ dilengkapi dengan Bluetooth dan kontrol radio bertenaga surya.

Selanjutnya, untuk seri Casio G-Shock GA-2000GZ, merupakan pengembangan dari jam tangan seri GA-2000 yang mengkombinasikan tampilan digital dan analog. Seri GA-2000GZ juga menggunakan teknologi G-Shock terbaru yaitu Carbon Core Guard dan tali jam tangan yang bisa diganti. Tipe GA-2000GZ juga berkamuflase sama seperti cover album pertama Gorillaz yang berjudul sama dengan nama band mereka. Dalam paket pembelian Casio G-Shock GA-2000GZ sudah termasuk dua jenis tali jam tangan, yang satu mempunyai pola warna loreng yang cerah dan satu lagi memiliki pewarnaan bergaya militer yang lebih gelap.