kompetensi-lulusan-d3-manajemen-informatika

Kompetensi Lulusan D3 Manajemen Informatika

Diposting pada

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, keterampilan dan kemampuan untuk bisa memimpin suatu proyek pembangunan dan pengembangan dalam sistem informasi di berbagai fungsi manajemen dan merupakan kebutuhan saat ini dan saat mendatang. Memiliki kemampuan dalam merancang aplikasi komputer dengan menterjemahkan kebutuhan pengguna ke dalam orientasi computer. Memiliki kemampuan dalam menulis program aplikasi komputer di beberapa bahasa pemrograman. Menguasai berbagai perangkat lunak aplikasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi informatika saat ini, serta menjembatani antara pemakai akhir dari jasa komputer dengan lingkungan dalam komputer. 

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika memiliki keahlian sistem komputer baik software maupun hardware. Mempunyai keahlian dalam merawat perangkat lunak dan perangkat keras. Memiliki keahlian dalam teknik pemrograman interface yang berorientasi melalui hardware. Mempunyai keahlian sistem informasi dengan berbasis jaringan komputer local. Mempunyai keahlian dalam merancang software berdasarkan analisa dengan teknik relational database management system. Mempunyai kemampuan dalam menganalisis dan mendesain sistem pada terminologi informatika dan memberikan alternatif solusi berbasis pendekatan system. Mempunyai kemampuan dalam menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan masalah informatika dengan keahlian pemrograman mutakhir. Mempunyai kemampuan menjaga integritas diri dan sanggup mengembangkan sikap profesional dalam berkarya baik sebagai individu maupun kelompok dan sebagai profesional pada bidang informatika. 

Lulusan D3 Manajemen Informatika memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem, Programmer, Desainer Sistem, Administrator Database, Web Developer, IT Technical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, dsb.

Profesi dan Karir Lulusan D3 Manajemen Informatika

Ahli Madya Manajemen Informatika bisa bekerja dan berkarir pada bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business dan di berbagai instansi pemerintah maupun swasta seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan, lembaga penelitian, perusahaan jasa, perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb. 

Berprofesi sebagai Analisis Sistem, Programmer, Konsultan Pengembangan Sistem, Desainer Sistem, Administrator Database, Web Developer, IT Technical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Pengajar, dsb.