Kupas Tuntas Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Jepang

Diposting pada

Tak kenal maka tak sayang, begitulah yang dikatakan oleh pepatah kita, dan faktanya memang demikian. Bahasa erat kaitannya dengan sosialisasi antara manusia, sehingga dengan kata lain haruslah mengenal satu sama lain untuk menunjang silaturahmi.

Tentunya agar dapat mengenal satu sama lain, seseorang haruslah mampu memperkenalkan dirinya kepada orang lain, tak jadi soal apakah sesama orang Indonesia ataupun orang asing, terutama jika ingin memulai bekerja.

Sebut saja perkenalan diri dalam bahasa Jepang yang telah menjadi salah satu pembelajaran utama sebelum wawancara kerja sebagai pemagang maupun pekerja asing.

Nah, di artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang serta tips dan trik jika kamu ingin lolos diterima sebagai jisshuusei atau pemangang di Jepang sana.

Cara Memperkenalkan Diri

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang terbilang cukup unik karena memiliki susunan yang rapi. Mari kita lihat caranya setahap demi setahap:

  • Hajimemashite. Tahap pertama ini digunakan sebagai salam utama sebelum memberikan data pribadi. Bisa juga berarti “Salam Kenal”.
  • Watashi no Namae wa (nama) desu. Bagian ini untuk menyebutkan nama.
  • Indonesia kara kimashita. Menyebutkan asal dari negara mana kamu berasal.
  • Yoroshiku onegai shimasu. Kalimat terformal yang digunakan sebelum melakukan sesuatu bersama, seperti bekerja sama termasuk berkenalan.

Contoh memperkenalkan diri di atas merupakan dasar dalam memperkenalkan diri. Tidak perlu ribet dan panjang jika kamu ingin wawancara kerja, biarkan mereka yang bertanya selanjutnya. Karena orang jepang menyukai sesuatu yang simple dan mudah dimengerti.

Tetapi bagi kamu yang ingin belajar lebih banyak tentang memperkenalkan diri bahasa Jepang, saya rekomendasikan beberapa tempat salah satunya Weihome Gakuen, yaitu sekolah online gratis yang membahas bahasa Jepang secara lengkap.

Tips Saat Interview

Banyak sekali LPK Indonesia yang menyarankan anak didiknya untuk memiliki daftar perkenalan diri yang begitu panjang, sampai semua anggota keluarga mereka sebutkan. Padahal faktanya, orang jepang tidak butuh sama sekali.

Yang mereka butuhkan adalah keterampilan dan pengalaman kamu saat bekerja, serta bertekad kuat untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di Jepang.

Tetapi kamu bisa melihat peluang di sana. Ketika kebanyakan orang memberikan proses perkenalan diri yang panjang dan seragam, cobalah kamu berikan cara berkenalan yang berbeda agar lebih standout. Biar bisa mencuri perhatian mereka.

Belajar Bahasa Jepang Dasar

Setidaknya kamu juga harus tahu bagaimana bahasa Jepang itu bentuknya. Setidaknya kamu bisa berbicara secara dasar agar ada komunikasi dua arah. Tidak perlu susah-susah, mengerti Minna no Nihongo 1 saja sudah bisa membuat kamu berbicara sederhana dengan orang Jepang.

Tidak ada jalan pintas, apalagi meminta sensei kamu untuk membuat dialog di atas kertas untuk kamu hafalkan, karena nantinya yang kesusahan di Jepang kamu sendiri, sementara LPK hanya mengantarkan sampai bandara atau kumiai saja.