Manfaat Internet di Dunia Retail Modern

Diposting pada

readmore.co.id D i dunia retail masa kini, ada dua konsep penjualan barang yang berkembang yaitu multikanal (mul tichannel) dan omnikanal (omnichannel). Multi kanal adalah menjual barang dagangan melalui berbagai kanal seperti Ebay dan Amazon sekali— gus, sedangkan omnikanal bisa dilakukan oleh sebuah tempat penjualan retail yang menerapkan e-commerce dan toko fisik.

Konsep dan metode

Di dunia fisik, pebisnis retail dengan konsep multikanal harus melakukan perjanjian kerja sama dengan pemilik tempat seperti supermarket dan hipermarket. Dalam e-commerce, penjual individual pun bisa menerapkan konsep multikanal. Kebalikan dari multikanal adalah penjualan eksklusif, yaitu penjualan barang yang hanya tersedia di kanal tertentu. Biasanya ini dilakukan sebuah website untuk melakukan promosi, sehingga calon pembeli harus melakukan pembelian di website itu. Cara ini hanya akan berhasil jika barang yang ditawarkan sangat menarik. Konsep penjualan omnikanal merupakan evolusi dari konsep multikanal. Dengan begitu, konsep ini membuat pembeli tidak merasakan perbedaan yang berarti antara semua kanal berbelanja yang disediakan tempat berjualan tersebut. Bisa jadi tempat berjualan ini memiliki kanal belanja seperti mobile internet device (smartphone dan tablet), komputer, toko fisik, televisi, radio, brosur yang dikirimkan langsung ke rumah, katalog, dan lain-lain.

Beberapa hal penting

Dulu, calon pembeli harus aktif mendatangi tempat penjual berada. Penjual mendirikan toko, membuat iklan di televisi dan radio, mengirimkan brosur atau katalog ke alamat rumah calon pembeli dan sebagainya. Ketika Internet baru mulai populer, calon pembeli tetap harus aktif mencari tempat berjualan online. Namun ketika Internet mudah diakses, calon pembeli berada di mana-mana. Ketika penjual menyadari bahwa calon pembelinya ada di mana-mana, seharusnya sang penjual meraih kesempatan ini dengan bertindak proaktif. Inilah salah satu faktor pendorong munculnya konsep omnikanal.

Keunggulan utama dari penerapan konsep penjualan omnikanal ini adalah pembeli tidak lagi merasakan ada berbagai kanal yang tersedia dari sebuah brand. Pembeli justru merasakan pengalaman yang konsisten dari sebuah brand melalui berbagai kanal yang tersedia. Hal ini tentunya hanya bisa berjalan jika tim internal sang pengecer yang terdiri dari tim TI, tim marketing dan tim sales bersatu padu untuk membangun konsistensi ini. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika calon pembeli sudah bisa mempelajari produk yang ingin dibeli melalui gadget-nya, maka pengetahuan karyawan penjaga toko terhadap produk tersebut tidak boleh kalah dari sang pembeli. Ini penting untuk menjaga konsep omnikanal tetap berjalan. Jangan sampai calon pembeli yang sudah mempelajari hal-hal tentang produk dikecewakan oleh pengetahuan produk yang minim dari si penjaga toko