Perbedaan Monokotil dan dikotil Lengkap

Diposting pada

Berdasarkan pada jumlah biji, tanaman dibagi menjadi 2 jenis, yaitu tanaman monokotik dan tanaman dikotika. Tanaman monokotil adalah tanaman yang hanya memiliki satu biji, sedangkan tanaman dikotil adalah tanaman dengan dua biji.

Selain jumlah biji, tanaman monokotik dan dichotters juga memiliki beberapa perbedaan yang dapat dilihat secara morfologis. Kita dapat mengamati perbedaan antara monokotil dan dikotil dari akar, batang, daun, bunga, hingga klasifikasi mereka.

Perbedaan antara akar monokotil dan dikotil

Perbedaan antara Monokotil dan Dikotil
Untuk memahami perbedaan monokotil dan dikotil , lihat tabel di bawah ini!

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

PERBEDAANMONOKOTILDIKOTIL
BijiBerkeping 1 sehingga tidak membelah saat berkecambahBerkeping 2 sehingga membelah saat berkecambah
AkarSerabutTunggang
BatangTidak bercabang dan tidak memiliki kambiumBercabang dan memiliki kambium
DaunMemanjang layaknya pita dengan tulang daun yang sejajarMelebar dengan tulang daun yangmenyirip atau menjari
BungaJumlah kelopak 3 atau kelipatannyaJumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau kelipatannya
Berkas pengangkutTersebarTeratur

Perbedaan biji

Seperti dijelaskan di atas, perbedaan utama antara monocotri dan dicotters dapat dilihat dari jumlah biji. Tanaman dengan satu biji (monokotil) tidak akan mengalami pembelahan selama perkecambahan, misalnya pada padi, jagung, kelapa dan anggrek. Sedangkan tanaman dengan 2 buah biji (dikotil) akan dibagi menjadi 2 selama perkecambahan, misalnya dalam biji kakao, permen karet, kacang-kacangan dan bunga matahari.

Perbedaan pada akarnya

Perbedaan antara akar monokotil dan dicotil
Perbedaan luar biasa yang dimiliki oleh tanaman monokotil dan dikotil juga dapat diidentifikasi secara langsung dari struktur akar. Tanaman monokotil biasanya memiliki sistem akar berserat tipis dan kecil, sedangkan tanaman dikotil memiliki sistem akar bercabang yang kuat dan berakar dalam.

Terlepas dari bentuknya, perbedaan akar tanaman monokotil dan dikotil juga terbukti dengan ada atau tidak adanya tutup akar (kaliptra). Akar monokotil umumnya memiliki tudung, sedangkan pada tanaman dikotil, akar umumnya tidak memiliki organ ini.

Perbedaan batang

Perbedaan antara tongkat monokotil dan dikotil
Perbedaan antara monokotil dan dikotil dapat diidentifikasi oleh morfologi batang. Batang tanaman dicotyledonous umumnya bercabang dan berubah di perbatasan antara jaringan xilem dan floem, sedangkan batang tanaman monocotyledonous umumnya tidak bercabang tetapi terus tumbuh lebih tinggi dan tidak berubah. Harus jelas bahwa ada atau tidak adanya perubahan dapat diketahui dengan memotong kulit batang tanaman.

Perbedaan daun

Perbedaan antara daun monokotil dan dikotil
Bentuk tulang daun pada tanaman monokotil dan dikotil juga sangat berbeda. Daun monocotyledonous umumnya memanjang seperti pita dengan tulang daun paralel, sedangkan daun dicotyledonous umumnya melebar dengan daun menyirip atau menyirip.

Perbedaan bunga

Perbedaan antara bunga monokotil dan dikotil
Perbedaan dalam tanaman monokotil dan dikotil juga dapat diidentifikasi oleh bunga. Tanaman monokotil biasanya memiliki 3 atau lebih kelopak, sedangkan tanaman dengan dikotil memiliki 2, 4, 5 atau lebih kelopak.

Berkas Pengangkut

Perbedaan antara Monocot dan Dicot
Tanaman dikotil dan monokotil juga memiliki perbedaan dalam balok transportasi. Balok pengangkut pada tanaman monokotil pada umumnya tersebar luas, baik di bejana saringan dan di bejana kayu, sedangkan balok pengangkut pada tanaman dikotil pada umumnya teratur.

Perbedaan klasifikasi

Tanaman monokotil dan dikotil juga berbeda dalam klasifikasi. Tanaman monokotil biasanya diklasifikasikan ke dalam 5 suku, termasuk Gramina, Palmae, Musaceae, Orchidaceae dan Zingiberaceae, sedangkan tanaman dikotil biasanya diklasifikasikan ke dalam 5 suku, termasuk Euphorbiaceae, Leguminoceae, Solanaceae, Myrtaceae dan Compositae. Lebih rinci, klasifikasi monokotil dan dikotil bersama-sama dengan contoh tanaman ditunjukkan pada tabel berikut:

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan monokotil dan dikotil,semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih!

Sumber : https://materibelajar.co.id/