Software Untuk Buat Gambar Dengan Konsep The Landscape Portraiture

Diposting pada

Software Untuk Buat Gambar Dengan Konsep The Landscape Portraiture

Download Game Ppsspp – Penggunaan judul ini tidak lebih karena saya ingin membuat ilustrasi pemandangan (landscape) dengan format portrait. Dengan kombinasi dua kata itu jadilah istilah Landscape Portraiture. Dalam tutorial kali ini, saya ingin mengajak Anda lebih berani dalam membuat karya. Dengan menggunakan teknik yang kita pelajari berikut ini, Anda akan lebih percaya diri saat membuat ilustrasi karena hasilnya bisa lebih bagus dari apa yang Anda pikirkan. Mari kita langsung saja mulai tutorial berikut ini.

Seperti biasa, siapkan terlebih dahulu kanvas yang akan dipakai dengan ukuran A4, 300 dpi, dan RGB color mode. Sebagai bahan referensi, kita bisa mencari image di Google. Saya menggunakan keyword garden untuk mencari image yang sesuai dengan kebutuhan. Letakkan foto yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google pada dokumen yang telah Anda buat sebelumnya. Ubah opacity layer foto tadi menjadi lebih tipis, sehingga kita tidak terlalu terganggu dengan detail pada foto tersebut. Tekan tombol B pada keyboard untuk mengaktifkan brush tool dan membuka pallete brush preset. Pada menu palette brush, pilih brush preset Wet Media Brushes. Pilih brush nomer dua dari atas pada pallete brush preset.

Saya menggunakan Adobe Photoshop CS6, tetapi tidak masalah jika Anda menggunakan Photoshop versi sebelumnya, karena kita tidak banyak menggunakan feature Photoshop CS6. Ketika muncul dialog box dengan perintah seperti gambar di atas, tekan OK. Buat layer baru di atas layer foto yang sudah kita kurangi opacity-nya dan langsung trace dengan menggunakan brush yang sudah kita pilih. Pada tutorial ini, saya menggunakan opacity sebesar 60% dan ukuran brush 9. Untuk menghemat waktu, tidak perlu terlalu rapi dalam membuat lineart. Lagi pula, jika terlalu rapi gambar akan menjadi kurang ekspresif.

Selanjutnya, buat layer baru lagi untuk membuat batang-batang pohon yang lebih besar. Gunakan ukuran brush yang agak lebih besar untuk membuatnya. Lineart background saya buat di layer terpisah agar apabila terjadi sesuatu, saya bisa dengan mudah melakukan editing pada layer tersebut. Setelah itu, kita buat ranting-ranting kecil di sekitar ranting besar tersebut.