tips-menjalankan-aplikasi-android-menggunakan-google-chrome

Tips Menjalankan Aplikasi Android Menggunakan Google Chrome

Diposting pada

Apakah Anda pernah berpikir sebelumnya kalau Google Chrome bisa menjalankan aplikasi Android? Pernah, atau tidak? Ternyata, Google Chrome juga memang bisa menjalankan aplikasi Android. Dengan begitu, aplikasi Android juga dapat dijalankan pada berbagai jenis platform, termasuk Windows tanpa menggunakan emulator.

Di tahun 2015, Google meluncurkan sebuah tools yang diberi nama ARC Welder. Aplikasi ini didesain agar memungkinkan pengembang bisa menguji aplikasi mereka kepada Chrome. Sebenarbya ARC Welder memiliki tujuan supaya pengembang dapat membuat aplikasi untuk Chrome dengan mudah, namun beberapa di antaranya memakai ARC Welder ini untuk bisa menjalankan aplikasi Android dengan mudah.

Bahkan sangat mudah dalam menjalankan aplikasi Android dengan memakai ARC Welder dan juga saya bisa menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya.

Jadi, daripada Anda penasaran, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Install ARC Welder

Dari sekian banyak cara, yang termudah tentu saja dengan menginstal tools ARC Welder. Caranya yaitu install ARC Welder pada halaman Chrome Web Store.

Bila memiliki pc yang bisa menjalankan Chrome dan Chrome Apps, Anda boleh menjalankan ARC Welder. Itu berarti semua sistem operasi pada pc termasuk Windows 10, mac OS, Chrome OS, dan linux dapat menjalankan program ini. Jadi Anda tak perlu beralih ke Mac OS untuk bisa menjalankan aplikasi ini.

2. Cari aplikasi Android (APK)

Yang perlu Anda ketahui, ARC Welder dirancang supaya membuka aplikasi Android. Jadi, anda boleh mencari aplikasi Android dan mencoba untuk menjalankannya. Anda dapat mendownload di APK Mirror untuk bisa mendapatkan aplikasi Android. Sebab di APK Mirror mempunyai antarmuka yang menarik dan memiliki setiap versi dari aplikasi yang ingin didownload. Selain itu, juga ada AndroidAPKsFree yang sama-sama menyediakan aplikasi yang siap untuk diunduh. Aplikasi ini murni gratis. Sebab, bila ada website yang meminta bayar maka itu pastinya terjadi sebuah pembajakan.

3. Jalankan ARC Welder

Hanya dengan menjalankan ARC Welder di Chrome, lalu pilihlah direktori tempat ARC Welder. Kemudian klik untuk menemukan dan menambahkan APK dan Anda akan dibawa ke halaman pilihan konfigurasi. Google akan mengatakan “it’s best to leave these at their default values”. Maka klik test untuk mencoba aplikasi Android. Perlu diperhatikan juga, bahwa ARC Welder hanya boleh menjalankan satu aplikasi. Maka tutuplah sebuah aplikasi untuk membuka aplikasi lainnya.